YANG PERLU KAMU LAKUKAN SAAT MOBILMU OVERHEAT

blog

YANG PERLU KAMU LAKUKAN SAAT MOBILMU OVERHEAT

  • Post by Admin

Sobat Kamoto - Mesin overheat terjadi karena beban kerja mobil terlalu tinggi, kemudian suhu mobil terlalu panas dan alat pendingin mesin mobil tidak berfungsi dengan baik. Jika mesin mobil kamu overheat, ikuti 4 tips berikut ini:

1. Menepi di area aman

Usahakan tetap tenang dan cari tempat aman untuk menepi. Posisikan tombol AC pada car ac off dan matikan mesin. Beri sinyal pada pengendara lain dengan menyalakan lampu hazard dan menaruh segitiga pengaman agar mereka tahu sobat sedang mengalami kendala, sehingga mereka bisa menjaga jarak aman.

2. Buka kap mesin

Tunggu hingga suhu panas mobil keluar, biarkan kap mesin sekitar 30 menit hingga suhu mesin cukup aman untuk memeriksa bagian radiator.

3. Jangan langsung membuka tutup radiator

Saat mesin overheat biasanya disebabkan air radiator yang kering. Untuk mengatasi hal ini tentunya Anda harus menambahkan air radiator atau air biasa saat keadaan darurat. Tapi jangan membuka tutup radiator setelah membuka kap mobil. Kondisi tutup radiator pada saat mesin mobil overheat akan sangat panas. Tunggu beberapa menit hingga mesin dingin sebelum membuka tutup radiator.

4. Periksa sistem pendingin mobil

Mobil overheat juga bisa disebabkan karena kebocoran pada sistem pendingin. Untuk mengatasinya Anda bisa memeriksa bagian radiator, kepala silinder rusak, hingga blok mesin.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat lakukan jika terjadi overheat pada mesin mobil. Pastikan untuk selalu rutin memberikan perawatan pada mobil kamu supaya hal ini tidak terjadi ya sob!

17

DEC