Cara Membersihkan Jok Mobil Dari Noda Sisa Makanan dan Minuman Dengan Aman

blog

Cara Membersihkan Jok Mobil Dari Noda Sisa Makanan dan Minuman Dengan Aman

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Ketika kita sedang berpergian jarak jauh, kita punya kebiasaan membawa bekal makanan dan minuman. Bahkan dalam berpergian jarak dekat sekalipun kita terkadang tetap membawa makanan dan minuman ringan di dalam mobil. Bekal ini selain untuk mengganjal perut kosong, juga bisa untuk mengisi waktu Sobat ketika diperjalanan. Jenis makanan yang dibawa bisa kering ataupun basah. Apalagi jika Sobat mengajak si kecil ketika sedang dalam perjalanan, tentu persiapan bekal tadi akan makin bertambah. Maka dari itu Sobat, yang sering terjadi saat mengkonsumsi makanan atau minuman adalah makanan jatuh atau minuman tumpah hingga menodai peranti yang ada di dalam kabin.
Sisa makanan dan remah ini tentunya akan menjadi masalah. Kalau tidak segera dibersihkan, tak hanya menimbulkan noda, tetapi juga dapat menyebabkan bau tak sedap di dalam kabin. Apalagi untuk makanan tertentu terutama yang basah atau mengandung cairan dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Hal yang tentu saja tidak Sobat inginkan bukan? Kabin bersih membuat kenyamanan berkendara terjaga.
Bagaimana jika hal itu terjadi? Sobat tidak perlu panik. Apalagi jika bekas tumpahan masih baru dan belum lama mengering. Sebelum timbul bau tidak sedap, segera lakukan pembersihan noda bekas tumpahan. Ada beberapa hal yang harus Sobat perhatikan dalam membersihkan jika yang ternoda adalah bagian kursi atau jok di dalam kendaraan. Terdapat dua jenis material jok yang biasa digunakan nih Sobat, yakni kain (fabric) dan kulit (leather). Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang bisa merusak kontur jok mobil Ya Sobat.
Nah, sebelum Sobat memulai membersihkan jok, persiapkan car vacuum cleaner, sikat gigi, lap microfiber kering, plas chamois, dan obat pembersih khusus sesuai bahan jok. Apapun bahan jok Sobat, mulailah melakukan proses pembersihan dengan car vacuum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran.
Bahan Kain (Fabric)
Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain ini berikut adalah langkahnya. Sebaiknya sobat menggunakan deterjen yang lembut, dengan lebih dulu bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda.
Lalu sobat campurkan detergen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok sedikit basah, selanjutnya endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.
Untuk noda membandel, bisa dengan menggunakan cairan pembersih dengan bantuan sikat halus. Setelah itu langsung keringkan jok dengan vacuum cleaner agar tak menimbulkan jamur dan bau tak sedap.
Bahan Kulit (Leather)
Sedangkan untuk jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan. Namun juga tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga dapat membersihkan dengan air detergent. "Selanjutnya memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahat kulit memang butuh penanganan yang khusus," tukas Samsudin, Aftersales Astra Peugeot.
Yap, pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit yang sobat butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta. Karena penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar.
Selain berbentuk pasta, sobat pilihlah pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit terlindung dari risiko pecah-pecah. ketika mengaplikasikan cairan pembersih hindari penggunaan kain kasar karena bisa mengabrasi kulit. Supaya hasilnya lebih maksimal, jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan.
Bersihkan secara rutin minimal 2 bulan sekali. Jaga kelembapan jok mobil sobat dengan conditioner khusus jok kulit asli setiap tiga bulan sekali. Jangan parkir di bawah sinar matahari langsung atau sebaiknya gunakan sun visor. Bila terkena noda harus langsung dibersihkan.
Ada bahan lain yang sering digunakan sebagai pelapis jok, yaitu Synthetic Leather. Kulit sintetis ini cara perawatannya mirip-mirip kulit. Jika tidak memiliki obat pembersih khusus, gunakan shampoo atau pembersih kaca. Jangan menggunakan detergen atau alkohol karena akan merusak jok berbahan sintetis. Parkir di tempat teduh atau gunakan sun visor dan rutin dibersihkan minimal sebulan dua kali.
Tidak sulit untuk melakukan tips di atas bukan? Selamat mencoba Sobat !

Source : https://www.oto.com/tips-mobil/tips-aman-membersihkan-jok-mobil-yang-ternoda-sisa-makanan-dan-minuman

03

SEP