Faktor penyebab Truk sering alami REM BLONG

blog

Faktor penyebab Truk sering alami REM BLONG

  • Post by Admin

Penyebab kecelakaan truk di jalanan kerap kali dikait kaitkan dengan rem blong.
Istilah ini bisa saja terdengar sederhana, namun sebenarnya masalah utama yang membuat rem blong dapat terjadi karena banyak hal.setidaknya ada tiga jenis penyebab rem blong, yang umum terjadi pada truk.yang pertama backfeeding, lalu tekor angin, dan kemudian vapor lock.
Pada umumnya ada tiga jenis sistem pengereman itu, yakni hydraulic  (hidraulis), Air Over Hydraulic (AOH), atau full air brake.

Khusus untuk AOH dan full air brake menggunakan tambahan sistem tekanan udara dan membawa tangki udara.backfeeding. istilah ini terjadi saat kampas rem mendapat panas berlebihan, khususnya pada saat bekerja dan menempel ke tromol untuk menghentikan roda, alhasil pengereman tidak bisa dilakukan lantaran ketahanan kampas yang tak mampu menahan panas.jadi Kampas tidak mampu menahan gesekan karna panasnya tromol maka yang terjadi kemudian adalah licin sempurna, koefisien gesek nol kita umpamakan seperti kaca. bahasa simpelnya adalahDirem tetap bisa, tapi tidak menggigit.Tekor angin atau kekurangan tekanan udara.bisa dikatakan karena masalah sistem suplai udara, ini yang terjadi pada sistem rem Air Over Hydraulic (AOH) dan full air brake.

Tekanan udara pada sistem rem bisa terlihat pada indikator yang ada di kabin. Jika tekanan udara di bawah 7 bar maka pengemudi tidak akan bisa menekan pedal rem. penyebabnya Dikatakan tekor angin jika kurang dari 7 bar.Vapor lock yang biasa terjadi pada sistem rem hidraulis dan AOH yang umumnya masih mengandalkan cairan rem (minyak rem).

Hal ini terjadi ketika air menyusup ke sistem rem yang seharusnya vakum dan bekerja hidraulis.
Minyak rem titik didihnya mencapai 250 derajat celcius, tergantung DOT (standar pabrikan) tapi ketika ada kandungan air, walau itu sedikit saja, bisa membuat titik didih turun menjadi 50 derajat.dan Saat panas itu mendidih, muncul lah sebuah gelembung.Gelembung inilah yang bisa masuk ke cylinder brake, sehingga kita menyebutnya angin palsu,
yang masuk ke master rem.

https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230925103736-579-1003289/kenapa-truk-sering-rem-blong

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

01

DEC