Ini Musuh Utama Mesin Turbo Dan Cara Mengatasinya

blog

Ini Musuh Utama Mesin Turbo Dan Cara Mengatasinya

  • Post by Admin
Mesin turbo diakui menawarkan performa dan efisiensi bahan bakar lebih baik. Akan tetapi biaya perbaikan yang dihadapi pemilik mobil, apabila sampai mengalami kerusakan, akan lebih mahal dibandingkan mesin biasa. Selain itu, mesin turbo yang tidak optimal akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.
Apa saja yang harus diperhatikan pada mobil bermesin turbo? Simak ya Sob
Perhatikan Temperatur Mesin
Musuh mobil turbo cuma satu yaitu panas. Jika mobil turbo dipakai jalan panjang, rileks dulu agar temperatur Kembali normal Sob. Mesin turbo menawarkan performa dan efisiensi. Namun jika salah dalam memperlakukan kendaraan, bukan efisiensi yang didapat melainkan biaya perbaikan lebih mahal dari mesin biasa.
Perhatikan Water Coolant
Untuk mengatur suhu mesin gunakan water coolant (air radiator) berkualitas baik. Ini agar proses pendinginan mesin oleh radiator berjalan optimal. Kalau rusak biayanya akan mahal. Suhunya harus diatur ya Sob, gunakan coolant yang baik.
Gunakan Pelumas Sesuai Spesifikasi 
Faktor lain yang merugikan pemilik kendaraan apabila memaksa turbo bekerja saat mesin panas sehingga konsumsi bahan bakar jadi boros. Jadi gunakan pelumas yang sesuai agar bisa meredam panas akibat gesekan mesinnya Sob.
Tugas pelumas cukup berat. Salah pelumas membuat perputaran mesin berat dan temperatur naik, maka turbo akan membuat konsumsi BBM tinggi. 
Jangan Langsung Matikan Mesin
Untuk menjaga komponen mesin turbo awet, dia menyarankan agar pengendara tidak langsung mematikan mesin setelah perjalanan jauh atau mesin dalam kondisi panas. Biarkan mesin dingin beberapa saat sebelum dimatikan.


Lagi cari turbo berkualitas Sob? Langsung klik link dibawah ini ya

http://sks.id/product-list/TURBO

Cari catridge turbo? Juga ada Sob, Klik dibawah ini

http://sks.id/product-list/CATRIDGE-TURBO


Source: https://www.medcom.id/otomotif/mobil/0k8XvJWk-ternyata-ini-musuh-utama-mesin-turbo


07

JAN