Ini Tips Agar Suspensi Mobil Sobat Awet

blog

Ini Tips Agar Suspensi Mobil Sobat Awet

  • Post by Admin
Sobat Kamoto, suspensi mobil memiliki peranan penting dalam kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Untuk itu, suspensi menjadi salah satu komponen yang harus dirawat secara berkala. Suspensi yang bermasalah akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, terutama ketika mulai muncul gejala seperti muncur suara aneh, pergerakan stiur aneh, oli rembes, mobil miring sebelah dan lain sebagainya.
Nah agar mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada bagian suspensi mobil, Sobat perhatikan tips berikut ya!
1. Jangan Bawa Beban Berlebihan
Saat nanti Sobat ingin bepergian pastikan untuk tidak membawa beban yang berlebihan. Biasanya, setiap pabrikan mobil sudah merekomendasikan seberapa berat barang yang mampu ditampung oleh sebuah kendaraan. Jadi, pastikan mengenali terlebih dahulu mobil yang kamu kendarai beserta beban yang disarankan untuk mobilnya ya Sob.
2. Cek Tekanan Angin Ban
Salah satu hal yang masih dianggap sepele, namun justru jika dibiarkan bisa berbahaya. Pastikan tekanan angin pada mobil juga sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Hal ini dikarenakan, ban mobil memiliki fungsi untuk meredam getaran sebelum dilanjutkan pada bagian suspensi.
3. Berkendara Cepat Di Jalan Berlubang
Ini juga salah satu hal yang kerap disepelekan. Jika jalanan rusak, pastikan untuk mengurangi kecepatan mobil. Jika tidak mengurangi kecepatan, maka getaran yang dihasilkan oleh mobil akan merusak suspensi.
Bahkan lebih buruknya lagi, ban mobil pun bisa lebih rusak. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengurangi kecepatan jika Sahabat Garasi sedang mengendarai mobil di tengah jalanan yang rusak, seperti di beberapa jalanan yang ada di Indonesia.
4. Parkir Di Tempat Rata
Parkir pun bukan di sembarang tempat. Oleh karena itu, pilihlah di tempat yang punya landasan rata. Jika tidak salah satu suspensi mobil akan menahan beban yang besar dibandingkan suspensi lainnya. Jika ini terus dibiarkan, nantinya akan membuat suspensi menjadi lebih cepat rusak. Jadi, pastikan untuk selalu parkir di tempat yang rata.


Source: https://garasi.id/artikel/kenali-gejala-gejala-suspensi-mobil-kamu-bermasalah/61dbc5031f52895dd210af34

21

JAN