Kebiasaan Buruk yang Membuat Rem Truk Jadi Blong

blog

Kebiasaan Buruk yang Membuat Rem Truk Jadi Blong

  • Post by Admin

Sobat Kamoto - Rem blong merupakan hal yang sangat ditakutkan saat berkendara. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat rem truk menjadi blong atau tidak berfungsi dengan baik:

Terlalu sering mengerem dengan kencang

Rem truk yang terlalu sering digunakan untuk mengerem dengan kencang dapat mengakibatkan panas yang berlebih pada sistem pengereman dan mengurangi daya cengkeram rem, sehingga dapat menyebabkan rem menjadi blong.

Membiarkan cakram atau tromol rem menjadi aus

Jika cakram atau tromol rem telah menjadi aus, maka daya cengkeram rem akan menurun dan memperbesar kemungkinan rem menjadi blong.

Tidak mengganti kampas rem secara rutin

Kampas rem yang telah habis dapat memperbesar risiko rem blong, karena ketebalannya yang tidak mencukupi untuk memberikan daya cengkeram yang baik.

Terlalu sering mengangkut beban melebihi kapasitas maksimum

Jika truk terlalu sering diangkut beban melebihi kapasitas maksimum, maka pengereman menjadi lebih sulit dan bisa membuat rem menjadi blong.


Tidak melakukan perawatan rutin pada sistem pengereman

Jika tidak dilakukan perawatan rutin pada sistem pengereman, seperti memeriksa kualitas cairan rem, bisa menyebabkan terjadinya korosi dan aus pada sistem pengereman dan akhirnya memperbesar risiko rem blong.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Selalu berhati-hati selama berkendara dan pastikan mobilmu mendapatkan perawatan yang tepat ya sob.

11

MAR