Ketahui Tanda - Tanda Ring Piston Bermasalah Agar Biaya Servis Tak Membengkak

  • Beranda /
  • Berita & Event /
  • Ketahui Tanda - Tanda Ring Piston Bermasalah Agar Biaya Servis Tak Membengkak
blog

Ketahui Tanda - Tanda Ring Piston Bermasalah Agar Biaya Servis Tak Membengkak

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Ring piston menjadi salah satu komponen dari mesin mobil yang krusial karena berada di jantung mesin. Masalah pada komponen ini bisa merembet pada piston yang mengakibatkan performa kendaraan menjadi menurun bahkan hingga mogok. Jika tidak cepat diatasi maka bisa merembet ke onderdil yang lain.
Seperti dikutip dari laman Suzuki, keausan ring piston adalah kondisi dimana bagian samping dari ring mengalami pengikisan. Pengikisan ini, akan memperkecil diameter total dari ring. Sehingga celah pada silinder akan semakin melebar. Berikut adalah tanda-tanda ring piston sedang bermasalah:
1. Oli mesin cepat habis
Seharusnya, ring piston mampu merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tidak ada aliran oli dari penampung oli ke ruang bakar. Tetapi jika ring piston aus, oli akan lebih mudah masuk ke ruang bakar ketika piston bergerak naik turun. Pergerakan naik turun piston bisa menyebabkan oli di bak oli bergejolak. Gejolak ini akan membuat oli naik ke ruang bakar karena celah ring yang membesar, sehingga oli akan ikut terbakar dan volume oli mesin akan semakin berkurang.
2. Keluar asap putih dari knalpot
Asap putih adalah hasil dari oli yang terbakar didalam ruang bakar. Ini artinya, tanda yang satu ini masih ada hubungannya dengan tanda yang pertama. Jika Anda melihat asap putih tipis (agak kebiruan) muncul dari dalam knalpot saat mesin hidup, coba cek volume oli mesin. Jika olinya berkurang maka dipastikan sudah terjadi keausan ring piston.
3. Suara mesin sedikit lebih kasar
Suara mesin yang normal itu halus, namun jika ada kebocoran kompresi maka suara mesin menjadi lebih kasar. Suaranya akan terasa tidak nyaman untuk didengar. Jika muncul tanda-tanda tersebut di kendaraan Anda, segeralah cek kendaraan ke bengkel resmi untuk diperiksa dan mendapat penanganan yang cepat.

Sumber: https://www.suzuki.co.id/news/tanda-tanda-ring-piston-mobil-sedang-bermasalah

30

APR