Musim Penghujan Nih Sob, Lakukan Hal Ini Agar Mobil Kamu Tetap Terawat

blog

Musim Penghujan Nih Sob, Lakukan Hal Ini Agar Mobil Kamu Tetap Terawat

  • Post by Admin
Sobat Kamoto, Cuaca saat ini berada di puncak musim hujan nih. Setiap hari hujan turun dengan deras dan terkadang disertai dengan angin yang cukup kencang.
Di sejumlah wilayah bahkan sudah mulai terjadi banjir. Kondisi udara yang lembab hingga jalanan yang tergenang, membuat pemilik kendaraan harus melakukan perawatan ekstra Sob agar tetap nyaman dan terjaga performanya saat berkendara.
Untuk mencegah berbagai masalah mobil seperti kerusakan pada lapisan cat mobil, interior dan kaca berjamur, hingga korsleting pada sistem kelistrikan. Nah ini nih langkah-langkah menjaga mobil agar selalu dalam kondisi prima, ketika menghadapi musim hujan Sob.
1. Gunakan Penutup Kendaraan
Air hujan yang bersifat asam tentu berpotensi merusak lapisan cat mobil. Untuk mencegah hal ini terjadi, Sobat bisa menggunakan penutup kendaraan (car cover) agar mobil terlindungi dari tetesan hujan, goresan, atau debu.
Namun, perlu Sobat juga perlu amati kualitas bahannya karena kalau tidak tepat, justru dapat mengakibatkan warna cat mobil terkontaminasi car cover yang luntur bahkan tergores tuh Sob. Selain itu, penggunaan car cover juga perlu diperhatikan ya Sob, dimana dalam penggunaannya mobil tidak boleh dibiarkan tertutup terlalu lama agar cat mobil tidak rusak akibat menempelnya car cover tersebut Sob.
2. Parkir Kendaraan di Tempat yang Kering dan Berventilasi Baik
Saat musim hujan, hindari untuk memarkir kendaraan di tempat yang lembab ya Sobat apalagi jika sirkulasi udara tidak lancar. Kondisi seperti ini justru akan meningkatkan risiko rusaknya mobil Sobat nih.
Tingginya kadar kelembaban dan asam dapat menyebabkan karat pada bagian body kendaraan yang bisa merusak cat mobil serta menimbulkan jamur pada kaca mobil Sob. Untuk mencegah hal itu, segera bersihkan dan keringkan kendaraan lalu parkirkan mobil di tempat yang aman dan memiliki sirkulasi udara yang baik ya Sob.
3. Jaga Kebersihan dan Kondisi Dalam Mobil Agar Selalu Kering
Saat Sobat ingin masuk ke dalam mobil di kala hujan, tentu kondisi lantai mobil akan menjadi basah dan kotor. Kelembaban, debu, atau lumpur yang mengendap di atas dan bawah karpet kendaraan sangat berpotensi menimbulkan jamur dan karat pada mobil Sobat tuh.
Jadi, segera bersihkan karpet dan jaga selalu agar tetap kering ya Sob. Apabila Sobat membawa minuman atau benda cair lainnya, perhatikan juga tempat penyimpanannya ya agar terhindar dari tumpah dan bocor.
4. Perhatikan Kondisi Wiper dan Area Kaca
Wiper merupakan salah satu komponen krusial saat musim hujan Sob. Penggunaan wiper dapat membantu pandangan Sobat saat kondisi hujan agar dapat menyetir lebih aman. 
Untuk itu, wiper dan kaca mobil pun perlu dirawat secara tepat dengan rutin mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Apabila karet wiper sudah keras dan mulai berdecit segera cek dan lakukan penggantian ya Sob. Tak hanya itu, kondisi kaca yang jernih juga sangat penting Sob. Area permukaan kaca harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur.
5. Rajin Periksa Kondisi Kendaraan Untuk Menjaga Performa Mesin dan Kelistrikan
Performa mesin dan kelistrikan juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan saat musim hujan, sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk rutin melakukan perawatan berkala sesuai anjuran pada buku petunjuk. Lakukanlah perawatan berkala ke bengkel resmi agar terjamin kualitas dan keaslian suku cadang yang dipakai sehingga performa dan kualitas kendaraan tetap optimal.
6. Jangan memaksakan kendaraan melewati genangan air yang dalam
Pada saat kendaraan melaju, sangat dianjurkan agar pengendara menghindari jalanan yang ketinggian genangan airnya tidak dapat diprediksi. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada mesin karena air pada genangan berpotensi terhisap ke dalam mesin yang bisa menimbulkan kerusakan bahkan mogok seketika Sob.
7. Jangan menghidupkan mesin ketika kendaraan terendam banjir
Apabila Sobat dihadapi kondisi dimana kendaraan sudah terendam banjir, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah hindari untuk menghidupkan mesin. Karena hal tersebut justru akan memperparah kerusakan mobil.


Sangat penting memperhatikan kondisi kendaraan saat memasuki musim penghujan Sob, karena kondisi yang basah dan lembab bisa memengaruhi bodi maupun mesin kendaraan. Perawatan yang tepat serta rutin melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi adalah hal yang penting agar kualitas kendaraan tetap optimal dan pengendara lebih terjamin kenyamanan dan keamanannya ketika berkendara Sob.

Source: https://www.otoloka.id/tips-and-trick/cara-jitu-merawat-mobil-di-puncak-musim-hujan-mudah-kok-194659


26

NOV