Sering-sering Cek Bagian Ini Agar Mobil Pick Up Kamu Terawat

blog

Sering-sering Cek Bagian Ini Agar Mobil Pick Up Kamu Terawat

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Sebagai kendaraan niaga ringan, mobil pick up terbilang tinggi terutama untuk angkutan barang. Lantaran mesin bekerja ekstra keras, kendaraan pick up perlu mendapat perawatan khusus tuh Sob.
Sebagai armada andalan bisnis, ini dia tips tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil niaga ringan Sob.
Salah satu pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi kaki kaki yang meliputi balancing & spooring, tekanan angin, hingga pemeriksaan permukaan dan usia ban.
Sering membawa muatan berat, kaki-kaki menjadi bagian terpenting untuk rutin dirawat Sob. Pasalnya bagian ini berfungsi menyetabilkan pengendalian kendaraan selama dijalankan. Selain itu kaki-kaki terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain.
Karena itu perhatikan tekanan angin pada ban ya Sob. Kalau ban kekurangan tekanan, maka dapat memicu permukaan ban menjadi rusak dan permukaan ban yang bergesekan dengan jalan akan bertambah lebar sehingga menambah beban mesin dan konsumsi BBM jadi boros.
Tapi sebaliknya Sob, jika kelebihan tekanan pada ban maka ban menjadi keras, mengurangi fungsi peredaman, dan akan mempengaruhi fungsi pengereman karena licin.
Selanjutnya pastikan juga mengecek permukaan ban Sob. Ganti ban jika permukaannya sudah botak. Mengecek usia ban juga penting dan disarankan tidak menggunakan ban yang sudah kadaluarsa atau ban yang berusia lebih dari 6 tahun ya Sob.
Yang tak kalah penting adalah melakukan spooring dan balancing. Seperti diketahui, spooring dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti saat baru keluar dari pabrik ya Sob.
Sedangkan balancing dilakukan untuk menyesuaikan atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda. Sehingga keduanya sangat vital fungsinya dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan, terutama untuk kendaraan komersial yang sehari-hari membawa beban berat Sob.

Sumber : https://www.otosia.com/berita/merawat-mobil-pick-up-sering-sering-cek-bagian-ini.html

20

NOV