Tips Membedakan Oli Asli dan Palsu

blog

Tips Membedakan Oli Asli dan Palsu

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Ada beberapa ciri oli palsu yang bisa dikenali untuk tahu mana yang asli. Berikut ini cara mudah untuk membedakannya:
1. Tutup Kemasan Oli
Pada umumnya setiap pabrikan oli mobil hanya menciptakan kemasan dengan tutup botol sekali pakai. Jadi jika muncul kerusakan seperti tutup sudah tidak kencang dan ada beberapa bagian yang penyok, maka besar kemungkinan itu adalah oli palsu. Selain itu coba amati, apakah seal yang terdapat pada tutup botol tersebut sudah hilang? Jika iya maka oli tersebut palsu.
2. Label Kemasan
Label pada oli palsu biasanya akan tampak kusam karena menggunakan botol bekas. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki label baru. Pada label juga Kamu bisa mengamati stiker hologram khusus yang selalu disematkan oleh pabrikan. Oli yang palsu tentu saja tidak memiliki stiker ini.
3. Bentuk Botol
Kamu juga akan mendapati bentuk botol yang jelek pada oli palsu. Karena para penjual yang curang biasanya membersihkan botol oli lama kemudian mengisinya dengan yang palsu. Hal ini tentu sangat mudah dikenali karena pasti banyak bekas goresan atau penyok pada botol.
4. Nomor produksi pada kemasan
Nomor produksi ini letaknya ada dua yaitu di bagian tutup botol dan di bagian botolnya. Kedua nomor yang dicantumkan tentu harus ada dan sama. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu dan membandingkannya. Apabila pada tutup botol tidak ada nomor sama sekali atau memiliki nomor yang berbeda maka bisa dipastikan bahwa produk tersebut palsu.
5. Bau serta warna dari oli
Ciri khas yang dimiliki oli asli warnanya lebih bening dan sedikit kekuningan. Tidak ada bau aneh yang keluar dari oli bahkan beberapa ada yang menyatakan lebih wangi. Sedangkan oli palsu baunya gosong dengan warna yang keruh. Oli palsu memanfaatkan oli bekas yang warnanya sudah keruh bahkan cenderung menghitam. Biasanya akan disaring kemudian dioplos dengan zat lainnya untuk membuat warnanya lebih bening.


Sumber :https://www.suzuki.co.id/tips-trik/apa-itu-oli-palsu

25

MAR