Tractor Head (Trailer Head), Definisi Cara kerjanya !

blog

Tractor Head (Trailer Head), Definisi Cara kerjanya !

  • Post by Admin

Tractor head adalah truk yang dirancang khusus untuk menarik trailer yang berisi beragam muatan dan biasanya untuk muatan kelas berat.tractor head merupakan jenis truk yang hanya berbentuk 'kepala' saja, Jadi truk ini memang belum bisa dipakai untuk mengangkut barang. dalam artian Truk ini masih membutuhkan trailer tambahan, untuk trailernya sendiri pun ada begitu banyak jenis dan fungsinya misalnya saja flat deck (trailer datar) yang biasa digunakan untuk mengangkut peti kemas, kemudian trailer tangki, untuk mengangkut bahan bakar minyak, dan masih banyak lagi, jadi tergantung kebutuhannya.

Di beberapa negara, kendaraan ini disebut juga sebagai prime mover dan di Jepang disebut sebagai trailer head.Metode penyambungan antara tractor head dan trailer yang paling banyak digunakan adalah  “fifth wheel coupling” atau FWC Perangkat tersebut menjadi penghubung antara tractor head dengan trailer di belakangnya.

Secara teknis, FWC terdiri atas kingpin dengan garis tengah 50,8 mm atau  88,9 mm.
berupa bola baja vertikal yang terpasang pada bagian depan bawah trailer dan coupling device called yang mirip sepatu kuda pada bagian belakang tractor head.Agar memudahkan proses pemasangan dan pergantian trailer, FWC dilengkapi mekanisme khusus untuk mengunci dan melepas sambungan antara tractor head dan trailer. yang memungkinkan pergantian jenis trailer secara cepat dan mudah semisal dari peti kemas menjadi flat bed atau tangki menjadi pengangkut mobil.
Secara umum, tractor head terbagi menjadi 2 jenis Semi-Tractor Head dan Full Tractor Head.

https://chakrajawara.co.id/news-and-promo/blog/mengenal-lebih-dalam-transmisi-truk-tractor-head-yang-fleksibel-dan-tangguh

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

22

DEC