Tujuan Bus Menempatkan mesinnya di belakang sedangkan truk di Depan

blog

Tujuan Bus Menempatkan mesinnya di belakang sedangkan truk di Depan

  • Post by Admin

Jadi untuk saat ini, bus bermesin belakang populasinya jauh lebih banyak daripada versi mesin depan.
Padahal dulunya, bus bermesin depan begitu banyak dijumpai. Dulu bus adalah hasil konversi dari truk. kalian ingat dengan bus yang menggunakan Sasis Truk Thames Trader ini atau dengan Bus yang menggunakan sasis Truk Mercedes ini, nah jika dilihat memang dulu Kabinnya mempertahankan kabin truk yang oleh pihak karoseri dibangun body untuk kendaraan penumpang. Karena basisnya dari truk maka posisi mesinnya ada di depan. Namun seiring inovasi dan tuntutan kenyamanan, pabrikan kendaraan niaga seperti Mercedes-Benz, Volvo, Hino, atau Scania mengembangkan jenis sasis bus bermesin belakang.

lalu kenapa sih mesin begitu di permasalahkan ?

Jadi mesin kendaraan adalah sebuah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau juga mengubah energi.
Fungsinya yaitu untuk mengasilkan tenaga putar dari proses pembakaran campuran udara dan bahan bakar di dalamnya. Pembakaran dapat terjadi di dalam mesin apabila telah memenuhi beberapa persyaratan yaitu : Adanya tekanan kompresi yang tinggi, Campuran udara dan bahan bakar yang sesuai.
Ada begitu banyak Macam dan Jenis Mesin kendaraan, namun Bus dan Truk adalah Jenis kendaraan yang umumnya menggunakan jenis mesin diesel.
Mesin diesel dipilih Bus dan Truk Karna daya torsi yang dihasilkan besar daripada jenis mesin bensin yang lebih mengandalkan performanya.
dengan adanya sistem kompresi, sistem pembakaran, dan sistem kerja pada sebuah mesin efeknya akan muncul suhu panas, suara keras, dan getaran pada mesin yang kita sendiri bisa merasakan, dan mendengarnya.oleh sebab itu Bus bermesin belakang ini dinilai lebih nyaman karena kabin tidak terganggu suara bising dan hawa panas dari mesin tersebut.

Dan kini keberadaan bus bermesin depan semakin sedikit. mungkin untuk saat ini Model yang tersedia hanya dari Hino AK Series ataupun Mercedes-Benz OF 1623.
Jadi bus dengan mesin belakang ini memberikan kenyamanan lebih baik untuk perjalanan jarak jauh.Lalu kenapa truk juga tidak menggunakan mesin belakang seperti bus bus saat ini ?Jika mesin truk diletakkan di bagian belakang, akan memiliki kelemahan sulit dikendalikan, Karena bobot pada bodi tidak merata dan membuat sisi depan lebih ringan ketimbang belakang, Sehingga truk akan mudah alami oversteer ketika menikung, atau menanjak terlebih dengan kecepatan tinggi, dengan kata lain keseimbangan truk menjadi lebih buruk.dan ini adalah posisi truk kosong, atau belum dengan muatannya gimana kalau truk di isi muatan ?

Sedangkan mesin di depan memiliki rasio distribusi berat yang lebih merata. Efeknya sendiri kendaraan jadi lebih stabil saat dikendarai meski dalam kecepatan tinggi.kemudian truk menggunakan mesin belakang, juga jelas akan mempengaruhi ruang muatan truk itu sendiri. karna dengan mesin truk di tempatkan dibelakang, maka ruang muatan atau bak truk, volumenya berkurang, sedangkan truk di rancang untuk mengangkut banyak muatan.
jadi posisi mesin truk di depan jauh lebih mengutamakan efektifitas kinerja sebuah kendaraan.

https://www.inews.id/otomotif/niaga/alasan-bus-model-sekarang-mesinnya-berada-di-belakang-banyak-dipakai-akap

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

10

NOV