Berapa berat kendaraan seperti bus dan truk ?

blog

Berapa berat kendaraan seperti bus dan truk ?

  • Post by Admin

Berbicara tentang masa atau berat sebuah kendaraan, maka kita akan dihadapkan pada sebuah istilah istilah seperti GVW, GCW, JBI, JBB dan lain sebagainya.dalam sebuah pembuatan kendaraan, produsen otomotif jelas sudah menentukan segala aspek tentang kendaraan apa yang akan dibuatnya, seperti misalnya mau buat mobil, bus, atau truk, itu tergantung permintaan dari APM (Agen Pemegang Merek).
lalu, pada tiap jenis kendaraan juga sudah ditentukan tentang spesifikasinya, spesifikasi kendaraan ini juga termasuk didalamnya ada berat sebuah kendaraan, daya muat, dimensi dan sebagainya. kemudian setelah kendaraan sudah diproduksi maka pihak produsen otomotif, akan memberikan data spesifikasi dari kendaraan tersebut kepada APM, terutama tentang spesifikasi berat dari kendaraan tersebut.

nah spesifikasi dari berat kendaraan ini biasanya di kategorikan oleh beberapa istilah diantaranya seperti :

Curb Weight Adalah Berat kosong kendaraan yaitu massa total sebuah kendaraan dengan seluruh peralatan standarnya, termasuk dengan cairan seperti oli dan radiator coolant), dengan tangki bahan bakar penuh, tetapi tidak termasuk dengan barang-barang serta penumpangnya.kita ambil 1 contoh untuk truk fuso fighter 6x4 yang baru saja keluar dari pabrikan dengan berat kosongnya adalah 7.3Ton.

GVW (GROSS VEHICLE WEIGHT)Adalah Berat Total sebuah kendaraan atau biasanya disebut juga berat kasar kendaraan ditambah dengan berat muatannya. nah jadi jika berat kosong truk fuso fighter 7.3Ton sedangkan muatannya 12.7 Ton, jadi GVW truk fuso fighter tersebut adalah 20Ton.GVWR (GROSS VEHICLE WEIGHT RATING) biasanya disebut Juga Max GVW.

GVWR atau Max GVW merupakan batas berat maksimal dari GVW yang sudah ditentukan oleh Produsen Otomotif, Dalam menetapkan angka ini, jelas pabrikan sudah memperhitungkan segala macam aspeknya seperti kekuatan mesin, ketahanan sasis, kemampuan rem, suspensi dan axlenya. nah Contoh GVWR atau Max GVW dari Truk Fuso Fighter 6x4 adalah 25 Ton dari produsen atau pabrikan. jadi jika berat kosong truk fuso fighter ini tadi 7.3 Ton, maka muatan maksimal yang diperbolehkan diangkut adalah 17.7 Ton, karna GVW nya hanya 25Ton. lebih dari itu, jelas produsen tidak menyarankan dan menganjurkan.

GCW (GROSS COMBINATION WEIGHT) Nah jika Istilah GCW ini ditunjukan untuk kendaraan gandengan / Tractor Head. jadi GCW adalah Gabungan dari total berat kendaraan ditambah dengan berat trailer atau gandengan dengan muatannya. contoh jika GVW dari Tractor head 7.7 Ton sedangkan Trailernya 32.3 Ton maka GCW nya manjadi 40Ton terus kalau istilah JBI dan JBB itu apa ?jadi JBI adalah Batas mengenai berat maksimum kendaraan berikut muatannya disebut sebagai Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI).

JBI ditetapkan oleh Pemerintah dengan pertimbangan dari daya dukung kelas jalan terendah yang dilalui, kekuatan ban, kekuatan rancangan sumbu sebagai upaya peningkatan umur jalan dan kendaraan serta aspek keselamatan di jalan, hal ini ditentukan oleh kendaraan pada saat melakukan Uji Kir.

Sementara itu JBB adalah Jumlah Berat Bruto, yaitu berat yang ditetapkan oleh pabrikan sesuai dengan kekuatan rancangan sumbu, jadi ini sama juga dengan GVWR atau Max GVW yang tadi sudah di jelaskan, sehingga konsekuensi logisnya JBI pasti tidak akan melebihi JBB. terus gimana caranya mengetahui angka berat atau gvw dari sebuah kendaraan ? cara melihatnya gampang, kalian bisa cek dari stiker kir pada kendaraan atau dari brosur kendaraan dan bisa juga langsung melalui website resmi kendaraan

https://science-howstuffworks-com.translate.goog/engineering/civil/question626.htm?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc\

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

05

JAN