Cara Membaca Kode Ban Truk sesuai arti berikut spesifikasinya

blog

Cara Membaca Kode Ban Truk sesuai arti berikut spesifikasinya

  • Post by Admin

Ban, merupakan peranti yang menutupi velg dan terbuat dari karet.Selain berfungsi untuk menahan beban berton ton dari sebuah truk, juga merupakan media yang menjadi peredam getaran.

Kita ambil contoh untuk truk tugas ringan atau light duty truck.
Truk ringan umumnya menggunakan ban dengan kode : 7.50-16 14PR artinya :
Pada angka paling depan "7.50" merupakan lebar tapak ban dalam satuan inci yaitu 7.50 atau yang jika dalam satuan senti, sekitar 19cm.
selanjutnya tanda "-" adalah simbol dari jenis ban tersebut yang menandakan sebagai ban bias, apabila tidak ada tanda strip, melainkan hanya terdapat huruf "R" artinya ban tersebut adalah ban Radial, untuk kategori ban di negara lain, biasanya penunjukan ban bias juga ditandai sebagai huruf "B".
selanjutnya angka "16" merupakan ukuran dari diameter velg atau rim yang sesuai pada ban tersebut adalah untuk velg 16 inci.dan yang terakhir adalah 14PR atau yang berarti memiliki nilai 14 Ply Rating yaitu sebuah ketebalan dari lapisan ban dimana angka tersebut memiliki arti dengan kekuatan lembar kawat baja pada ban setara dengan 14 lapis benang nylon. Jadi semakin besar nilainya maka akan semakin tebal.Selain itu, pada dinding ban kendaraan niaga biasanya juga akan memberikan informasi tentang load index atau kemampuan ban dalam menanggung berat dan simbol kecepatan maksimumnya.

Misal pada ban light duty truck ini memiliki kode tambahan 123/120 M, maka angka 123 adalah load index saat ban dipasang tunggal dan angka 120 saat ban dipasang ganda, yang biasanya digunakan pada ban belakang.Menurut tabel load index, kode 123 mampu menanggung beban seberat 1.550kg sedangkan 120 mampu menanggung berat 1.400kg.Jadi kemampuan menanggung berat ban tergantung letak pemasangan, bisa di depan atau belakang truk, Dan tebal tipisnya ply rating (PR) akan mempengaruhi tinggi rendahnya dari load index ban.Terakhir yaitu simbol huruf "M" yang memiliki arti sebagai simbol kecepatan pada index speed, dimana simbol huruf "M" memiliki arti kalau ban ini mampu berputar sampai dengan kecepatan 130km/jam dengan menanggung berat sesuai load index yang tertera.
Selain penunjukan kode ban truk seperti ini, biasanya ada juga ban yang memiliki kode seperti ini : 295/75R22.5 jika kodenya seperti ini,

Angka 295 itu juga sama untuk menunjukan lebar tapak ban, namun bedanya ini ditunjukan dalam satuan milimeter. jadi ban ini memiliki lebar 295mm.
Kemudian angka 75 adalah sebuah rasio tinggi pada dinding samping ban terhadap lebar tapak ban, yang dinyatakan dalam persentase.
jadi pada ban ini memiliki tinggi dinding samping adalah 75% dari lebar bannya.
kemudian sama seperti sebelumnya untuk huruf "R" adalah jenis ban tersebut merupakan Radial dan menggunakan velg atau ring dengan diameter 22.5 inch.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/11/104200415/ternyata-cara-baca-kode-ban-truk-dan-mobil-itu-berbeda

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

03

NOV