Kenali Beberapa Arti “Bahasa Bengkel” Berikut Ini Yuk Sob

blog

Kenali Beberapa Arti “Bahasa Bengkel” Berikut Ini Yuk Sob

  • Post by Admin
Buat sobat yang masih awam dalam dunia otomotif, beberapa istilah ini mungkin terdengar asing, tetapi sudah menjadi bahasa umum di bengkel, terutama para mekanik dan pecinta otomotif.
Berikut ini beberapa istilah di bengkel yang perlu sobat ketahui:
1. Overhaul
Overhaul adalah pekerjaan yang membuat mekanik harus menurunkan mesin untuk mencari tahu kerusakan. Jika mobil sudah diminta untuk overhaul, berarti kerusakannya sudah berat.
2. Bore Up
Istilah bore up digunakan saat memperbesar ukuran piston dengan tujuan meningkatkan kapasitas mesin dan akan membangkitkan performa kendaraan.
3. Stroke Up
Berikutnya adalah stroke up yang dipakai ketika mekanik melakukan perpanjangan langkah piston untuk meningkatkan kapasitas mesin agar performa meningkat.
4. Tune Up
Tune up yaitu upaya mengembalikan performa mesin kendaraan seperti halnya pada anda pertama membelinya.
Komponen yang diutak-atik montir saat tune up antara lain sistem pengapian, bahan bakar, pengecekan filter oli dan udara, penggantian pelumas.
5. Spooring
Jika membahas spooring, berarti langsung bahas kaki-kaki mobil, dalam hal ini yaitu roda. Sebutan lainnya adalah wheel alignment. Spooring adalah pekerjaan untuk menyelaraskan lagi sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan.
6. Balancing
Istilah ini juga terkait dengan roda. Balancing yaitu pekerjaan untuk menyamakan lagi bobot ban dan pelek. Jika bobotnya tak seimbang, maka pada kecepatan tertentu akan membuat kemudi bergetar sehingga mengemudi jauh dari rasa nyaman.
Itulah beberapa istilah di bengkel yang perlu kamu ketahui. Kira – kira istilah apalagi yang belum kamu ketahui sob?

01

APR