Mengenal dan Memahami Dongkrak Botol Hidrolik
Memiliki Dongkrak Mobil Hidrolik Selain Dongkrak Jembatan/gunting bawaan asli dari mobil, sudah menjadi hal yang lumrah, karena biasanya seiring pemakaian, dongkrak bawaan sudah mulai selip / rusak. Sehingga pilihan dongkrak botol menjadi pilihan pengganti, yang diyakini lebih awet dan lebih kuat. Tentunya dipilih yang memiliki kapasitas kekuatan maksimal yang lebih besar.
Harga dongkrak hidrolik botol umumnya memang lebih mahal di banding harga dongkrak mobil model jembatan, tapi lebih murah harganya dibanding dongkrak hidrolik buaya. Cara Kerja Dongkrak buaya juga menggunakan Pengertian / prinsip sistem hidrolik. Bedanya Untuk Dongkrak buaya biasanya dipakai pada bengkel-bengkel mobil yang memang lebih sering pemakaiannya untuk melakukan service / perbaikan, dibanding pemilik mobil pribadi yang hanya dipakai ketika kondisi darurat untuk mengganti ban.
Dongkrak hidrolik terdiri dari dua buah tabung yang saling berhubungan dan memiliki diameter yang berbeda ukurannya. Masing-masing ditutup dan diisi cairan pelumas atau Oli. Kelebihan lainnya adalah dimensinya yang cukup ringkas untuk dimasukkan kedalam mobil. Walaupun dongkrak botol ini lebih kecil namun kemampuannya cukup untuk mengangkat beban yang sangat besar, Dongkrak sistem hidrolik memiliki kekuatan maksimal yang bervariasi, mulai 2 ton, sampai 1000 ton. Kemampuan yang besar ini karena prinsip cara kerja sistem Dongkrak hidrolik menggunakan penerapan prinsip bunyi hukum pascal yang tentunya semakin besar beban yang dapat diangkat, makin mahal juga harga dongrak botol hidrolik tersebut.
Pada mobil masa kini, letak posisi titik tumpu untuk pemasangan dongkrak mobil sudah ditentukan letaknya. Titik Tumpuannya juga dilakukan penyesuaian dengan kepala tumpuan dongkrak hidrolik supaya pas dan tak gampang bergeser. Penggunaannya pun hanya dipakai untuk mengangkat satu sisi/satu posisi ban mobil, tidak boleh ditengah dengan maksud mengangkat dua roda. Apa yang perlu diperhatikan juga adalah pastikan kondisi landasan dongkrak botol dan posisi mobil benar-benar stabil agar tidak terjadi selip / goyang yang menyebabkan dongkrak terpelesat/terguling. Untuk mobil yang tidak disertai petunjuk titik tumpuan dongkrak mobil hidrolik, harus dipastikan poisisi berdirinya adalah pada bagian belakang yaitu di chassis kendaraan , sedangkan bagian depan adalah pada arm, untuk melakukan penggantian ban.
Source : http://dunia-ilmu-teknik.blogspot.com/2016/01/dongkrak-mobil-hidrolik-dongkrak-botol.html?m=1
(Dengan Perubahan)
10
MAY